Pantangan Makanan Darah Tinggi

Pantangan Makanan Darah Tinggi


penyakit darah tinggi
pantangan makanan darah tinggi penyakit darah tinggi atau hipertensi disebabkan karena gaya hidup yang kita jalani dan asupan. makanan yang sering kita makan. sebaiknya kita mengetahui dari awal apa penyebab dari penyakit darah tinggi. tapi bagi orang yang sudah terlanjur menderita penyakit darah tinggi lebih baik menghindari pantangan makanan darah tinggi dan membatasi makan yang mengandung sodium (Na) yang banyak pada garam. dengan begitu banyak membantu penyembuhan secara perlahan bagi penderita darah tinggi.

Berikut ini adalah pantangan makanan darah tinggi yang harus di hindari;

  1. susu: merupakan sumber kalsium, tatapi tinggi lemak. dalam segelas susu terkandung 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh. lemak jenuh tak baik bagi penghindap liver dan berbahaya bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi.
  2. acar: mekanan ini memang rendah kalori yang baik untuk tubuh, tetapi memiliki kandungan sodium yang tinggi, 1 buah acar mentimun bisa mengandung 570 mg sodium. hal itu setara dengan sepertiga dari jumlah maksimum sodium perhari (2300 mg)
  3. kentang goreng: meski beberapa restoran menggoreng dengan minyak yang bebas lemak trans, kandungan lemak dan sodiumnya masih tinggi. penyajian kentang goreng ukuran sedang mengandung 270 mg sodium dan 19 gram lemak.
  4. daging asap: 3 potong daging asap mengandung 270 mg sodium dan 4,5 gram lemak daging burung bisa menjadi alternatif ketimbang daging asap.
  5. donat: cukup sebuah donat sudah bisa menghasilkan 200 kalori dengan 12 gram lemak.
  6. mie instan: mudah untuk membuatnya dan rasanya nikmat, tetapi sebungkus mie instan mengandung 14 gram lemak dan 1,580 sodium.
  7. margarin: bagi orang dengan tekanan darah tinggi, mereka harus memastikan bahwa margarin tak mengandung lemak jenuh, bacalah kemasannya guna memastikannya
  8. gula: yang berarti disini adalah makanan dengan kalori ekstra gula. contohnya adalah cookies dan coklat batangan. keduanya dapat menyebabkan obesitas. makanan-makanan ini bisa berpotensi mengidap tekanan darah tinggi. kelebihan berat badan bisa membuat banyak sumbatan di jantung memperlambat kerja darah.
  9. daging merah: komposisi dari sebuah diet yang menyehatkan harus menyertakan lemak jenuh yang rendah. bagi orang dengan tekanan darah tinggi hindari daging merah.
  10. alkohol: mengkomsumsi alkhol dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, alkohol juga merusak dingding pembuluh darah.

selain pantangan makanan darah tinggi yang harus di hindari oleh penderita harus mengatasi darah tinggi, mungkin saja dengan melakukan cara-cara sederhana dan aman dapat juga membantu menormalkan kembali tekanan darah. berikut ini cara sederhana dan alami yang bisa anda lakukan untuk tekanan darah tinggi:

1. jalan kaki
pasien hipertensi dianjurkan untuk berjalan kaki setiap hari minimal 30 menit. akan lebih baik jika saat berjalan juga membawa sedikit beban seperti dumbell. berjalan kaki dan berolahraga membantu jantung mengguanakan oksigen secara efesien, sehingga tidak bekerja keras untuk memompa darah.

2. tarik nafas perlahan
usahan tarik nafas secara perlahan, tidak tersengal-sengal dan lebih teratur. anda bisa berlatih yoga, atau *** chi agar nafas lebih teratur. saat pagi dan sore hari, selama lima menit tarik nafas secara dalam dan buang secara perlahan. hal tersebut bisa menurunkan renin, yaitu enzim pada ginjal yang bisa meningkatkan tekanan darah.

3. konsumsi makanan kaya postasium
Menurut Linda Van Horn, phD Profesor dari Nothwestrn University Feinberg Scholl of Medical, Amerika Serikat, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung potasium tinggi dapat menurunkan tekanan darah tinggi. usahakan untuk mengkonsumsi potasium 2000 hingga 4000 mg per hari. makanan yang mengandung potasium tinggi antara lain kentang, tomat, pisang, kacang polong dan jeruk.

4. batasi konsumsi sodium
beberapa orang sangat sensitif ketika mengonsumsi garam atau sodium. konsumsi garam yang berlebihan bisa memicu darah tinggi. konsumsi garam atau sodium per hari sebaiknya tidak lebih dari 1.500 gm (takaran setengah sendok teh mengandung 1200 mg gram). jadi kurangi konsumsi garam, agar tekanan darah stabil.

5. konsumsi cokelat hitam

cokelat hitam atau dark chocolate mengandung flavanol yang bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih elatis. sebuah penelitian menunjukkan pasien yang mengonsumsi coklat hitam 0.5 ons setiap hari, tekanan darahnya menurun cukup seginifikan.

6. minum teh
teh terkenal sebagai antioksidan yang efektif, selain itu teh juga dapat mengurangi resiko resiko hipertensi ataupun stroke. pengkonsumsian teh secara teratur dan seimbang dapat menjaga pola hidup.

7. konsumsi makanan kaya kolium
miniral ini dapat meminimalkan efek natrium, membantu untuk mengontrol tekanan darah. sumber kalium meliputi pisang, blewah, melon, jamur, jus jeruk, kacang polong, plum, kismis, kentang manis, dan tomat, serta susu bebas lemak.

8. makan pisang

buah yang sering di konsumsi untuk mengatasi hipertensi adalah pisang. secara umum kandungan gizi yang terkandung dalam setiap buah pisang matangadalah sebagai berikut: kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram kabrihidrat 25,8 mg, serat 1,7 gram, kalsium 8 gram, fosfor 28 mg, besi 0.5 mg, serta vitamin A 44RE, vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg dan air 72 gram. kandungan buah pisang di atas dianggap cukup baik untuk mengatasi hipertensi.

9. konsumsi sayur-sayuran
sebagaimana buah-buahan, sayurran juga banyak mengandung vitamin dan phytochemical serta serat. sayuran yang dapat di gunakan untuk pencegahan hipertensi ini seperti seledri, bawang dan sayur hijau lainnya. bawang putih misalnya mampu menurunkan tekanan darah tinggi serta menurunkan kolesterol, berkat adanya senyawa yang di sebut ajone. yaitu senyawa yang selain penurun hipertensi juga sebagai pencegah penggumpalan darah.

orang China sudah lama menggunakn jus seledri untuk tekanan darah tinggi. minum jus seledri 2-3 gelas perhari dapat mencegah tekanan darah tinggi atau mengembalikan tekanan darah ke level normal. sebagai tambhan, seledri juga bagus untuk orang dengan penyakit asam urat.

10. konsumsi kedelai

sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukan bahwa diet kaya kedelai menurunkan tekanan darah hingga 10%. pada wanita di penelitian tersebut diketahui, tekanan darah tas mereka (sistolik) menurun sebesar 10% dan bawah (diastolik) sebesar 7%. pada wanita dengan tekanan darah normal, penurunan terjadi sebesar 5% sistolik dan 3% diastolik.

bila anda menderita hipertensi, mengganti sumber protein hewani dengan makanan berbasis kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai dapat membantu anda mengelola tekanan darah.

itulah pantangan makanan darah tinggi yang harus di hindari oleh penyakit darah tinggi dan beberapa tis sederhana untuk atasi darah tinggi. jika anda sedang mencari solusi pengobatan alami darah tinggi, kami mempunyai pengobatan darah tinggi secara alami. untuk selengkapnya anda bisa klik pengobatan darah tinggi.



Pantangan Makanan Darah Tinggi

Cara Pemesanan Obat Herbal Penyakit Darah Tinggi
Formta Pemesanan Via SMS :
AMX : Jml Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No. Hp.
kirim ke 0857 2387 4620 ATAU PIN BB 56C0C2EB

Related Posts:

0 Response to "Pantangan Makanan Darah Tinggi"

Posting Komentar